Menulis Pengantar Siaran Berita Radio (Billboard)

Menulis Pengantar Siaran Berita Radio (Billboard)
Mendorong pendengar untuk mengikuti seluruh isi program berita bisa diawali dengan menulis pengantar atau billboard yang baik.

Sebagian besar program berita diawali dengan pengantar sekitar satu menit. Pengantar ini biasa disebut billboard.
Wartawan BBC Jonathan Stoneman mengatakan billboard ini berfungsi sebagai etalase karena di sinilah Anda menjual isi program berita.

Seperti halnya dengan toko, Anda tentu ingin orang-orang tidak hanya melihat barang-barang yang Anda pajang di etalase.

Anda ingin orang masuk ke toko Anda dan membeli barang-barang tersebut. Jadi, Anda perlu mempromosikan isi program Anda, dengan harapan mereka akan mendengarkan program yang Anda bawakan.

Tetapi jangan terlalu banyak memberikan rincian karena pendengar bisa merasa sudah mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan.

Juga ketika Anda membacakan tiga atau empat berita terpenting di billboard ini, pendengar mungkin akan mematikan radio ketika sudah menyimak empat berita tersebut.

Jadi masukkan juga satu berita atau laporan di luar berita-berita utama.

Editor program biasanya memasukkan satu atau dua klip di billboard. Klip yang dipakai bisa kutipan wawancara atau efek suara. Kesemuanya ditujukan untuk membuat pendengar penasaran dan akan menyimak program berita hingga selesai.

Pertanyaan presenter bisa dipakai sebagai jurus ampuh. Misalnya, "Seratus tahun lalu Anda pasti bersedia membawa kereta dan kuda Anda melewati ruas jalan ini. Tapi apakah Anda masih ingin melewatinya dengan mobil sekarang?" Ini bisa dipakai untuk berita tentang kondisi Terowongan Blackwall di London.

Pertanyaan bisa sangat berguna, tapi harap diingat pendengar tentu tidak ingin menyimak pertanyaan di awal setiap program berita.

Membuat billboard membutuhkan perenungan. Sebaiknya Anda membuat billboard begitu urutan program berita telah terisi. Ingat juga bahwa isi billboard harus akurat, jujur, dan tidak berpihak. (BBC)

0 Response to "Menulis Pengantar Siaran Berita Radio (Billboard)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel