Menulis naskah berita untuk radio

Menulis naskah berita untuk radio
Wartawan senior BBC Laura Barrow mengatakan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk menghasilkan naskah berita radio yang baik.

Yang terpenting adalah, Anda harus memahami berita yang sedang Anda susun. Bila Anda tidak paham, bagaimana mungkin pendengar akan mengerti?

Imajinatif

Naskah yang Anda tulis harus bisa membuat pendengar ingin menyimak berita Anda. Coba untuk imajinatif. Anda bisa melakukannya dengan menambahkan kutipan, warna, dan konteks sejarah.

Gunakan bahasa yang sederhana

Penting untuk menghindari jargon dan kata-kata klise. Demikian juga dengan kata sifat dan angka. Penggunaan angka, kata-kata klise, dan jargon yang terlalu banyak atau terlalu sering akan membuat pendengar bingung. Setiap kata harus bisa dipertanggungjawabkan. Anda harus bisa menjelaskan setiap kata yang Anda pakai.

Top line atau lead (unsur terpenting)

Top line sebuah berita sangat penting. Inilah kesempatan untuk menarik perhatian pendengar. Di sinilah peluang kita untuk mengisyaratkan, "Dengar, kami mendapatkan berita yang sangat penting untuk Anda."

Kita biasanya lebih mudah menulis top line untuk berita pengeboman dan pembunuhan. Fakta-fakta dari berita-berita semacam itu, sudah cukup untuk menarik perhatian pendengar.

Namun terkadang sulit untuk menentukan top line berita. Misalnya berita tentang sidang pertama Radovan Karadzic di Pengadilan Kejahatan Perang di Den Haag. Kita tahu bahwa dia akan diadili, setelah tertangkap beberapa waktu sebelumnya.

Untuk membuat berita ini menarik, kami menulis top line seperti ini:

"Tidak ada lagi jenggot tebal dan rambut panjang yang ia pakai untuk menyamar dan menghindari kejaran para jaksa PBB selama lebih dari 10 tahun. Kali ini di Pengadilan Kejahatan Perang PBB di Den Haag, Radovan Karadzic tampil bersih dan rapi dengan dasi dan jas warna gelap."

Jangan terjebak agenda tertentu

Sebagai wartawan, kita harus hati-hati dan waspada dengan agenda-agenda yang ingin dimasukkan dalam berita.

Partai politik dan kelompok penekan memiliki agenda-agenda khusus dan mereka ingin agenda tersebut masuk dalam pemberitaan.

Terkadang agenda ini dikemas sedemikan rupa, seolah-olah memiliki nilai berita yang bagus. Padahal, sering kali kenyataan yang sebenarnya tidak sesuai dengan kemasan yang mereka sampaikan.

Hati-hati

Kita bertanggung jawab atas naskah yang kita tulis. Berita yang kita tulis harus benar. Mengambil berita dari ringkasan berita siaran sebelumnya atau menyalin berita mentah-mentah dari situs di internet, adalah praktik yang sebaiknya dihindari.

Pastikan Anda selalu mengecek fakta dan data. Bila berita yang kita turunkan salah, reputasi kita sebagai wartawan bisa hancur. (BBC)

0 Response to "Menulis naskah berita untuk radio"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel