Imparsialitas dalam Menulis Berita

Imparsialitas dalam Menulis Berita
Bahasa yang tidak berpihak dalam Menulis Berita.
Imparsialitas tidak hanya tercermin dalam haluan editorial tapi juga sampai ke kata-kata atau istilah yang dipakai saat menyusun berita.

Sikap tidak berpihak tidak hanya tercermin pada haluan editorial tapi juga hingga ke kata atau istilah yang dipergunakan ketika membuat berita.

Berpihak tentu adalah pilihan. Ada media yang secara sadar memilih dan mendukung individu, kelompok, organisasi, partai politik, atau negara tertentu.

BBC sejak awal tidak mengambil posisi ini. Garis editorial BBC adalah impartial atau tidak berpihak dan ini tercermin tidak hanya dari isi berita tetapi juga dari kata, istilah, dan kalimat yang dipergunakan.

Misalnya tentang gugusan pulau di perairan antara Cina dan Jepang yang dipersengketakan kedua negara. Jepang menyebut kepulauan ini Senkaku sementara Cina menamakan gugusan pulau Diaoyu.

Hanya dengan menyebut Kepulauan Diaoyu menyiratkan BBC mendukung klaim Cina, sementara menyebut Kepulauan Senkaku di berita menunjukkan BBC berpihak ke Jepang.

Dalam posisi di mana belum ada penyelesaikan atas sengketa wilayah, BBC memakai dua nama tersebut. Misalnya dalam kalimat: Para pegiat Cina mendarat di Kepulauan Diaoyu yang di Jepang dikenal Kepulauan Senkaku.

Bagaimana dengan kata rebel atau pemberontak?

Jika ada kesepakatan umum oleh masyarakat internasional bahwa satu kelompok di satu negara dikatakan mengangkat senjata dan memberontak kepada pemerintah yang sah, pemakaian kata pemberontak tentu tidak menjadi masalah.

Masalah muncul ketika situasinya tidak hitam putih.

Misalnya ketika rezim di satu negara ditumbangkan oleh pasukan multinasional yang kemudian berimbas dengan ketidakpuasan beberapa kelompok. Pasukan multinasional menganggap kelompok ini melakukan pemberontakan terhadap mereka.

Tapi kelompok ini tidak ingin disebut pemberontak karena menganggap apa yang mereka lakukan adalah sesuatu yang sah, yaitu merebut kembali kekuasaan dari pihak asing.

Karena istilah atau kata pemberontak tak sepenuhnya tepat, dipakai kata insurgent atau kelompok perlawanan.

Dengan alasan yang sama, dalam konteks ini, tidak dipakai istilah pemberontakan (insurgency) tapi menggunakan kata perlawanan. (bbc.co.uk)

0 Response to "Imparsialitas dalam Menulis Berita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel